• Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Profil Jusman Dalle

    Jusman juga menekuni digital marketing. Merancang dan membuat konten digital berupa tulisan (copywriter), visual dan audio visual untuk sejumlah perusahaan dan institusi skala nasional. Antara lain Partai Gerindra, Kedutaan Besar Jerman, Taksi Ekspress, Bank BTN, PLN, XL Axiata, Agung Podomoro Land, True Money, dll.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

7.8.18

Beasiswa SCG Sharing The Dream Kini Terbuka untuk Mahasiswa S1

Sharing session bersama Septi, Tasya Kamila dan Novia Kardiyanti
dalam acara SCG Blogger Gathering  (dok.pribadi)

Konglomerasi bisnis Siam Cement Group (SCG) kembali menggelontorkan beasiswa Sharing The Dream. Program CSR tahunan yang di selenggarakan sejak tahun 2012. Namun ada yang berbeda di tahun yang ketujuh ini. SCG melakukan diversifikasi penerima beasiswa.

Mulai tahun 2018 ini, beasiswa SCG Sharing The Dream terbuka untuk mahasiswa atau program S1. Ini tentu kabar baik. Sebab berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana beasiswa hanya diperuntukkan bagi pelajar.

Menariknya lagi, beasiswa untuk S1 terbuka untuk semua kalangan. Termasuk bagi pelajar yang telah menerima beaiswa ketika duduk di bangku SMA.

Kegembiraan memperoleh biaya pendidikan untuk jenjang S1 diungkapkan oleh Septi. keberuntungannya pernah menerima beasiswa ketika duduk di bangku SMA berlanjut. Septi yang kini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di Institut Teknologi Bandung kembali mendapat beasiswa dari SCG.


“Sebenarnya sempat ragu mau lanjut ke bangku kuliah karena persoalan biaya. Tapi karena ada informasi di sekolah kalau SCG membuka program beasiswa S1, akhirnya saya coba peluang itu. Walau awalnya pesimis juga, karena kan sebelumnya sudah pernah dapat beasiswa”, ungkap Septi dalam acara SCG Blogger Gathering di The Hook Cafe and Resto belum lama ini. 

Septi menuturkan, ia tawakal setelah melalui berbagai persiapan yang penuh tantangan. Termasuk menulis esai dengan tulisan tangan. Juga dikejar deadline harus mengumulkan dan mengirim berbagai syarat adminsitrasi di masa libur lebaran. Usaha dan do’a Septi akhirnya terbayar. Namanya muncul di antara 10 nama penerima beasiswa S1 SCG di tahun pertama ini. Bersama 400 nama beasiswa untuk pelajar SMA.

Dalam sambutannya, Country Director of SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul mengatakan melalui program beasiswa SCG Sharing the Dream, penerima beasiswa dapat melanjutkan pendidikan tinggi dan melangkah lebih jauh untuk meraih cita-cita serta mewujudkan semangat Passion for Better. "Kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci bagi kita untuk menjadi bangsa yang maju," katanya.

Sementara Novia Kardiyanti, Brand and Communication SCG yang hadir sebagai pembicara di acara Blogger Gathering tersebut mengungkapkan bahwa program beasiswa SCG Sharing The Dream ini terus berupaya ditingkatkan manfaatnya. Termasuk perluasan program seperti adanya beasiswa S1 yang mulai dibuka tahun 2018 ini. Dalam seleksi beasiswa, SCG, kata Novi, bekerjasama dengan Ancora Foundation. Yayasan sosial mitra SCG yang fokus pada pendidikan. 

Adapun informasi beasiswa SCG, lanjut Novi, biasanya disampaikan ;angsung ke sekolah-sekolah. Selain itu, juga diumumkan di website SCG Indonesia dan website Ancora Foundation.


Share

\