• Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Profil Jusman Dalle

    Jusman juga menekuni digital marketing. Merancang dan membuat konten digital berupa tulisan (copywriter), visual dan audio visual untuk sejumlah perusahaan dan institusi skala nasional. Antara lain Partai Gerindra, Kedutaan Besar Jerman, Taksi Ekspress, Bank BTN, PLN, XL Axiata, Agung Podomoro Land, True Money, dll.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

1.4.16

Wajah Pendidikan Islam

Transformasi wajah pendidikan Islam yang menawarkan keunggulan dan nilai lebih menjadi tanggung jawab bersama. Pendidikan Islam harus mampu menyandingkan modernitas dan kemuliaan nilai-nilai Islam dalam perwajahan mereka. Hal ini diungkapkan oleh anggota DPD RI, AM Fatwa, dalam kunjungannya ke Sekolah Insan Cendekia Madani (ICM) di Serpong belum lama ini. 

"Mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan cuma tugas pemerintah, melainkan juga merupakan tugas kita semua," jelas Fatwa dalam keterangan yang diterima Republika, Senin (21/3). Ketua Badan Kehormatan DPD RI tersebut memuji lingkungan asri dan fasilitas unggulan yang memadai di ICM. 

"Begitu masuk di ICM, saya terkagum-kagum. ICM menggambarkan pendidikan Islam sejati," ungkap dia. Menurut senator asal Jakarta ini, ICM yang menggambarkan pendidikan Islam sejati. 

AM Fatwa mengatakan, ICM membuat dia terkagum-kagum melihat model pendidikan Islam yang sebenarnya. Mulai dari lingkungan yang bersih dan asri, fasilitas yang lengkap dan modern, serta siswa-siswi yang sangat tertib. 

Dalam pertemuan itu, mantan wakil ketua DPR RI itu memberikan sejumlah buku yang ditulisnya untuk perpustakaan ICM. "Ini ada beberapa buku yang saya tulis, bisa disimpan di perpustakaan. Ada buku tentang meretas jalan, membentuk karakter, pengorbanan rakyat menghadapi kesulitan ekonomi, dan tentang DPD," kata dia.

Tamsil Linrung lantas menyahuti bingkisan dari A.M Fatwa tersebut dengan memberikan sejumlah buku yang diterbitkan oleh Tali Foundation. "Ini juga ada beberapa buku yang kami terbitkan. Saya ingin berikan kepada Pak Fatwa. Isinya tentang paradigma baru dalam mendidik anak," kata Tamsil membalas. 

Media Officer ICM, Jusman Dalle, menjelaskan, ICM berupaya serius dalam membenahi wajah pendidikan Islam. "Selama ini pendidikan Islam lekat dengan stigma terbelakang, kumuh, dan tidak kompetitif. Melalui ICM, kami ingin mengganti label tersebut. ICM adalah spirit transformasi wajah pendidikan Islam," kata Jusman.

Sejauh ini ICM berhasil menorehkan banyak penghargaan di berbagai kategori, seperti manajemen, lingkungan, arsitektur, dan lain sebagainya. Belum lama ini ICM didaulat sebagai Indonesia Best School Of Communication oleh sebuah majalah bisnis terkemuka. 

"ICM menjadi satu-satunya sekolah di kategori ini dan disandingkan dengan sejumlah kampus ternama. Artinya, kualitas sekolah Islam sangat diakui," kata Jusman.  ed:Hafidz Muftisany Share

\