• Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Profil Jusman Dalle

    Jusman juga menekuni digital marketing. Merancang dan membuat konten digital berupa tulisan (copywriter), visual dan audio visual untuk sejumlah perusahaan dan institusi skala nasional. Antara lain Partai Gerindra, Kedutaan Besar Jerman, Taksi Ekspress, Bank BTN, PLN, XL Axiata, Agung Podomoro Land, True Money, dll.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

20.2.14

Ritual Pagi untuk Melejitkan Produktivitas


Sumber gambar : pcwalpapers.in
Sebagai pekerja atau pelajar, sebagian dari kita kerap terjebak oleh rutinitas, datang ke kantor, sekolah atau kampus menghabiskan enam hingga delapan jam setiap hari atau 48 jam dalam sepekan. Namun tak ada hasil besar tercapai di akhir bulan. Dari sekian banyak waktu yang kita gunakan, tidak semua waktu tersebut terlewatkan secara produktif dan mengesankan. Banyak yang justru terjebak sekadar mengitari lingkaran rutinitas hingga pekerjaan nampak menjemukan.

Berikut ini beberapa ritual pagi yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan produktivitas sepanjang hari.
  1. Olah Raga Pagi
Olah raga di pagi hari sangat efektif membangkitkan mood, stabilitas perasaan dan energi serta menjaga kedisiplinan. Dengan rutin berolahraga di pagi hari, maka otomatis anda akan tidur dan bangun lebih awal.
Beberapa tokoh dunia dari kalangan politik, selebritas dan pengusaha seperti Presiden AS Barack Husein Obama, Oprah Winsfrey dan CEO Xerox Ursula Burns bahkan menjadikan olah raga sebagai aktivitas wajib di pagi hari. Sesibuk apapun mereka, tetap meluangkan waktu untuk sekadar lari 10-20 menit, berjalan kaki sembari menghirup udara segar, sit up, push up atau jenis olah raga lain yang sederhana dan tak membutuhkan persiapan ekstra. So, rutinlah berolahraga di pagi hari.
2.      Sarapan Sehat
Sarapan pagi adalah santapan pertama yang masuk ke perut kita setelah beberapa jam ‘puasa’ di malam hari. Oleh karena itu, sarapan menentukan suplai energi ke dalam tubuh. Secara alamiah tubuh yang kekurangan energi tentu saja akan menjerit dan mengubah kinerja sebagai respons atas perubahan fisiologi yang terjadi.
Perubahan kinerja ini bisa saja dalam bentuk perasaan lemas, tak bersemangat atau gangguan lain yang sangat jelas terasa dan mengganggu. Itulah mengapa berbagai riset menemukan bahwa orang yang rutin sarapan di pagi hari memiliki hidup berkualitas dan tingkat kecerdasan yang lebih baik karena suplai energi ke otak berjalan seimbang. Menurut Journal Of American Dietetic Association sarapan meningkatkan fungsi kognitif yang berhubungan dengan kemampuan daya ingat.
Sekarang banyak iklan menu sarapan makanan cepat saji berseliweran. Namun belum tentu iklan memukau itu memang benar-benar sehat sesuai kebutuhan anda. Karena itu, memilih jenis makanan apa yang masuk ke dalam tubuh kita di pagi hari musti hati-hati.
Saya sarankan anda mengonsumsi sarapan sehat seperti buah segar, jus, kacang-kacangan atau sayuran. Perlu diperhatikan, ketika sarapan hindari makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi. Karena itu akan membuat anda mengantuk paling lambat 45 menit setelah makanan itu masuk ke mulut anda.
3.      Membuat Tiga Target

Menjalani hari dengan cara meraba-raba tanpa target harian hanya akan membuat anda terjebak pada rutinitas menjemukan. Dengan adanya target harian, maka kita bisa mengetahui serta mengukur bagaimana kita menjalani hari. Seberapa berkualitas hari kita lalui. Target harian juga memudahkan kita mengorganisir agenda.
Kita bisa memulainya dengan target-target sederhana namun berarti dalam menuntaskan pekerjaan. Misalnya membalas email pelanggan, menjawab mention Twitter dari kolega penting ataupun memosting tulisan baru. Buatlah sedikitnya tiga terget harian yang memang anda yakin anda bisa selesaikan hari ini.
4.      Memblok Kalender

Mungkin cara ini sederhana dan kerap disepelehkan. Namun ternyata, kegiatan kecil blocking kalender dapat memandu anda untuk move on melaju kedepan. Bila kita memiliki pekerjaan dengan target penyelesaian bulanan, kita bisa membuat blocking kalender secara variatif. Misalnya satu pekan pertama berisi tentang perencanaan diblok menggunakan stabilo warna kuning, pekan kedua dan ketiga pada saat tahap implementasi diblok warna hijau pekan keempat saat evaluasi diblok pakai warna biru.
Itulah beberapa formula sederhana yang bisa menjadi kombinasi aktivitas menyenagkan anda di pagi hari. Semoga di tahun 2014 ini anda jadi lebih produktif dan meraih banyak capaian baru.
Share

\