Opini, Pandangan Serta Rekam Jejak Pemikiran

  • Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

15.11.13

Profil Jusman Dalle


Menjadi citizen journalis (jurnalis warga) sejak tahun 2007 di sejumlah media massa lokal dan nasional, adalah awal karir Jusman Dalle di dunia kepenulisan. Kini, menulis menjadi nafas kesehariannya. Talenta menulis tak bisa dipisahkan dari anak muda yang menyukai film spy ini. 

Ia konsisten meluangkan waktu menulis setiap hari, walaupun aktif di dunia bisnis dan sejumlah organisasi seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Setidaknya lima jam perhari ia habiskan di depan laptop, menari bersama imajinasinya, merangkai kata menjadi deratan makna. Dengan harapan ia bisa menjadi lentera yang mencerahkan di tengah padatnya lalu lintas informasi saat ini.


Nama Jusman Dalle ramai  menjadi perbincangan ketika tulisannya di laman berita online terbesar di Indonesia,  Detik.com tentang Perang Libya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI, Marwan Ja’far (Kini Menteri Desa & Pembangunan Daerah Tertinggal) di koran Tempo.

Marwan Ja’far yang akhirnya mengakui plagiat itu, lalu meminta maaf kepada Jusman atas aksi plagiatnya. Bagi Jusman, kasus tersebut merupakan pelajaran kepada semua pihak agar mengedepankan intelektualitas dalam berkarya, katimbang mengejar populisme untuk disebut intelek. (Baca : Ketahuan Plagiat, Ketua Fraksi PKB Sudah Minta Maaf)

Tulisan Jusman Dalle boleh dikata telah tersebar seantero Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Terbilang tak kurang dari 38 media massa telah menerbitkan ratusan tulisannya. Mulai dari koran nasional yang menjadi incaran penulis di Indonesia seperti Kompas, Tempo, Republika, Jawa Pos hingga koran lokal seperti Serambi Indonesia (Aceh Tribun News), Tribun Timur Makassar, Banjarmasin Post hingga Ambon Ekspress. Satu diantara sekian banyak tulisan Jusman yang pernah hits dan menggemparkan, yakni tulisan berjudul “Orang Terkaya Indonesia dari Desa” menjadi tulisan terpopuler tiga hari berturut-turut di salah satu laman berita terbesar di Indonesia, Okezeon.com. Tulisan tersebut dibaca oleh lebih dari 122.000 kali.

Berkat konsistensinya menulis, Jusman dipanggil menjadi Tenaga Ahli DPR RI, mengontribusikan gagasan pikiran-pikiran cemerlang untuk Indonesia. Selain mendedikasikan diri pada bangsa dengan memberi sumbangsih pemikiran di DPR, jasa Jusman dibidang penulisan juga diminati.

Sejumlah tokoh politik, pengusaha nasional, serta institusi meminta kesediaan Jusman menulis pemikiran, gagasan, pandangan-pandangan maupun profil mereka. Jusman juga dipercaya menjadi copywriter content sejumlah institusi, perusahaan dan merek besar seperti Partai Gerindra, Kedutaan Besar Jerman, Taksi Ekspress, Bank BTN, PLN, XL Axiata, dll.

Disela-sela kesibukan sebagai penulis, Tenaga Ahli DPR RI serta menjadi analis di Society Research and Humanity Development (SERUM) Institute, Jusman juga meluangkan waktu menghadiri undangan untuk mengisi training maupun seminar kepenulisan di sejumlah daerah. Terhitung 14 Kota telah disambanginya untuk berbagi inspirasi, trik dan resep menjadi penulis andal, antara lain : Jogjakarta, Batam, Tanjung Pinang, Semarang, Bandung, Jakarta, Makassar, Papua, Surabaya, Malang, Madiun, Solo, Sumedang dan Pontianak. 

Jusman dapat dihubungi via Email jusmandalle[at]rocketmail[dot]com.
Share

\