Opini, Pandangan Serta Rekam Jejak Pemikiran

  • Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

13.11.13

Ini Rutinitas Pagi Para Tokoh Besar Dunia

Salah satu hobi Presiden AS, Barack Husein Obama adalah olah raga basket | Photograph: Jae C. Hong/AP
Sebuah artikel menarik tentang kebiasaan tokoh-tokoh besar dunia dilansir oleh laman The Huffingtonpost.com sebagaimana dikutip dari Kompas.com. Benjamin Franklin, mantan Presiden Amerika Serikat, pernah berkata, "Tidurlah lebih cepat dan bangunlah lebih awal jika ingin sehat, kaya, dan bijaksana."

Di zaman modern ini, bangun lebih awal juga masih dianggap sebagai rahasia sukses orang-orang hebat. Para CEO perusahaan-perusahaan besar juga mengakui mereka bangun sebelum jam 6 pagi.

Orang yang bangun lebih pagi pada umumnya juga tidur lebih cepat dan mereka merasa lebih sehat dan bahagia karena kualitas istirahat yang baik tersebut.

Selain bangun tidur lebih awal, beberapa tokoh terkenal juga memiliki rutinitas sehat di pagi hari. Kita bisa mencontek beberapa di antaranya.


1. Barack Obama
Orang nomor satu di AS ini mengakui bahwa ia adalah tipe orang yang selalu tidur larut malam. Tetapi, ia selalu berusaha bangun lebih awal untuk berolahraga sebelum ngantor pada pukul 8.30-9.00 pagi.

"Kesehatan adalah prioritas bagi Obama sehingga olahraga adalah hal pertama yang dilakukannya. Ia tidak berolahraga kalau sempat saja, tapi ia memastikan ada waktu untuk melakukannya," kata Robert Pagliarini dari CBS News.

2. Margaret Thatcher
Wanita yang mendapat julukan "The Iron Lady" ini setiap hari hanya tidur empat jam. Ia masih terjaga sampai pukul 2 atau 3 tengah malam untuk bekerja. Tetapi, ia akan bangun pada pukul 5 pagi untuk mendengarkan siaran Farming Today dari BBC Radio.

3. Gwyneth Paltrow
Kesehatan adalah hal penting bagi aktris ini. Ia selalu bangun jam 4.30 pagi untuk melakukan yoga. "Sebenarnya, saya bukan tipe orang pagi hari. Tetapi, saya sangat disiplin. Ketika saya rutin berolahraga 6 kali seminggu dan makan makanan sehat, saya merasa lebih baik," ungkapnya.

4. Michelle Obama
Seperti suaminya, Ny Obama juga menempatkan olahraga sebagai aktivitas pertama di pagi hari. Ibu negara ini mengatakan kepada Oprah bahwa ia ingin anak-anaknya melihat dirinya sebagai wanita yang peduli pada kesehatan meski itu berarti ia harus bangun pada pukul 4.30 pagi untuk melakukannya. "Jika saya tidak berolahraga, saya tak akan merasa  lebih baik. Saya bisa merasa depresi," katanya.

5. Robert Iger
CEO Disney ini juga termasuk orang yang selalu bangun jam 4.30 pagi. Ia mengatakan suka bangun sangat pagi dan menikmati waktu yang sepi untuk dirinya sendiri.

"Pagi hari adalah waktu bagi saya untuk mengisi kembali 'baterai'. Saya berolahraga dan membersihkan pikiran, membaca koran, e-mail, berselancar di internet, dan menonton TV sebentar. Semua dilakukan pada saat bersamaan," katanya.

6. Bill Ford
Direktur dari Ford Motor Company ini mengatakan punya ritual meditasi di pagi hari. Dengan meditasi, ia memunculkan rasa welas asih dalam dirinya sehingga lebih siap menghadapi berbagai persoalan dalam pekerjaannya.

7. Oprah
Wanita yang mendapat gelar sebagai selebriti paling berpengaruh tahun 2013 dari majalah Forbes ini mengatakan selalu melakukan meditasi transendental 20 menit di pagi hari. Dalam sehari, ia bermeditasi dua kali. "Setelah meditasi, saya merasa lebih penuh, merasa penuh harapan, dan bahagia," katanya. Share

\