Opini, Pandangan Serta Rekam Jejak Pemikiran

  • Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

5.4.12

Trik Membuat Tulisan Terpopuler

Salah satu misi kita dalam menulis, termasuk menulis di media massa adalah untuk menyebarkan ide. Semakin banyak yang membaca tulisan kita, tentu semakin baik dan seyogyanya menjadi hasrat setiap penulis. Dalam menulis buku misalnya, kita ingin agar karya kita menjadi best seller yang sekaligus menjadi indikator jika ide atau gagasan kita disukai oleh pembaca. Pun demikian ketika menulis di media massa, baik cetak maupun online. Menjadi kebahagiaan tersendiri ketika tulisan kita menjadi tulisan yang paling banyak dibaca atau tulisan terpopuler.
Nah, satu pekan yang lalu, salah satu tulisan saya menjadi berita terpopuer di media online terbesar ke-3 di Indonesia, www.okezone.com dengan jumlah pembaca lebih dari 100.000 view. Ada banyak rahasia sebenarnya bagaimana membuat tulisan teropuler di media massa, utamanya media online. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi satu tips mengapa tulisan saya tersebut menjadi tulisan terpopuler di okezone.com.
Pengalaman dari tulisan-tulisan saya yang diterbitkan oleh media massa nasional, baik cetak maupun online, titik tekan utama pada judul. Judul diibaratkan cover atau kemasan yang menggambarkan isi tulisan. Ada beberapa syarat atau kriteria judul. Termasuk yang membuat tulisan di okezone.com tersebut menjadi terpopuler karena judulnya cukup menarik “Orang Terkaya Indonesia dari Desa”. Yang saya maksud sebagai judul menarik adalah (a) Provokatif, (b) Misterius (c) Tidak datar (seperti judul skripsi misanya, hehehe…) (d) Atraktif, (e) Berpola (f) To the point. So, selamat mencoba. Semoga tulisan anda semakin laris manis di media massa. Menulis adalah tradisi intelektual, selamat bergerak dengan gagasan dan aksi intelektual!
Dibaca lebih dari 118.000 kali
Dibaca lebih dari 118.000 kali

Share

\