Opini, Pandangan Serta Rekam Jejak Pemikiran

  • Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

22.8.11

KAMMI Berbagi Bersama Pemulung


Bulan Ramadhan merupakan momentum berbagi untuk sesama. Kesempatan istimewa tersebut dimanfaatkan oleh Social Service Center (SSC) KAMMI Daerah Makassar dengan mengadakan acara buka puasa dan pemberian sumbangan berupa pakaian kepada anak-anak pemulung di Perkampungan Kera-Kera, Kecamatan Tamalanrea Makassar pada Sabtu (20/08). Perkampungan yang hanya berjarak 500 meter dari Kampus Unhas tersebut dihuni oleh sekitar 20 kepala keluarga yang bekerja sebagai pemulung. Kampung kecil yang dikelilingi gunungan botol bekas hasil pulungan tersebut adalah daerah binaan SSC KAMMI Daerah Makassar. Acara buka puasa bersama serta pemberi bantuan pakaian ini merupakan agenda rutin SSC KAMMI.

Sekitar 50 anak beserta orang tuanya antusias mengikuti jalannya kegiatan buka bersama yang juga dilanjutkan dengan shalat Magrib berjamaah dan makan malam. Arif Ardiansyah, Direktur SSC KAMMI Makassar menyampiakan bahwa kegiatan ini merupakan sarana untuk berbagi kebersamaan di bulan Ramadhan “Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan SSC KAMMI dalam rangkaian pembinaan kepada adik-adik binaan”. Sementara itu Daeng Mumang Gafar yang menjadi pengelola sekaligus penadah hasil pulung warga di kampung Kera-Kera, dalam sambutannya menyatakan rasa syukur yang berlipat atas kehadiran dan bantuan dari SSC KAMMI Makassar. Gafar menyampaikan bahwa kesederhanaan dan keceriaan anak-anak pemulung tersebut adalah kebahagiaan yang tak ternilai harganya.

Walau berasal dari keluarga miskin, anak-anak pemulung di kampung tersebut punya semangat belajar dan cita-cita seperti anak kebanyakan. Fadli salah seorang anak pemulung berusia 5 tahun dan duduk di bangku TK mengungkapkan cita-citanya “ingin menjadi polisi”. Selain buka puasa bersama, acara ini juga bertambah meriah dengan adanya kuis dengan hadiah baju lebaran. Jusman Dalle, Pengurus Pusat KAMMI yang turut hadir dalam kegiatan ini memberikan pertanyaan seputar dasar-dasar keislaman yang dengan sigap dijawab oleh anak-anak pemulung. Mereka berharap SSC KAMMI rutin mengunjungi dan berbagi bersama mereka. “Insya Allah tahun depan kita bikin acara yang lebih besar lagi dari sekarang, mohon doa adik-adik ya agar kami diberi kemudahan dan rejeki” kata Jusman yang serentak diaminkan oleh anak-anak pemulung tersebut.

“SSC KAMMI merupakan badan semi otonom yang didirikan dalam rangka memberikan pelayanan dan aksi-aksi sosial kepada masyarakat. Sebagai organisasi Islam, SSC KAMMI menjadi pengejawantahan dari nilai-nilai sosial Islam dalam rangka membangun masyarakat” pungkas Jusman Dalle.

Dimuat Di EraMuslim.com http://www.eramuslim.com/berita/info-umat/kammi-berbagi-bersama-pemulung.htm

Share

\