Opini, Pandangan Serta Rekam Jejak Pemikiran

  • Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

16.1.11

FoSSEI Sulsel Berkomitmen Kembangkan Ekonomi Islam

FoSSEI Sulsel Berkomitmen Kembangkan Ekonomi Islam
Selain berfokus pada pengembangan organisasi dan jaringan, FoSSEI akan berfokus pada kewirausahaan dan keilmuan
Hidayatullah.com--Bertempat di Aula Kampus Al Azhar Jl Tamangappa Raya III, Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Regional Sulawesi Selatan menggelar rapat kerja (raker) pada Sabtu (15/1).

Raker dihadiri oleh puluhan pengurus regional dan perwakilan dari 4 Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) yang tergabung di dalam FoSSEI Regional Sulsel, yaitu dari kampus UMI, Unhas, Al Azhar dan UNM.

Rapat kerja periode kepengurusan 2010-2012 bertema ''Membumikan Ekonomi Islam'', ini menyusun sejumlah agenda strategis terkait ekonomi Islam.

Salah satu rencana kegiatan yang cukup menarik digagas oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan yaitu dalam jangka panjang, FoSSEI regional Sulsel akan bekerjasama dengan lembaga perbankan syariah dan lembaga riset untuk mengembangkan produk perbankan syariah.

Selain itu, FoSSEI Sulsel dalam periode kepengurusan ini juga berkomitmen mengembangkan dan menyiapkan sumber daya manusia baik sebagai akademisi maupun praktisi melalui sejumlah pelatihan seperti “Shariah Economics Training, Kajian Mu’amalah, Dialog Ekonomi Kontemporer dan Seminar Nasional”.

Sebagai lembaga kemahasiswaan yang berbasis ekonomi Islam, FoSSEI juga berencana mendirikan sejumlah unit usaha. Di antaranya penjualan pulsa di setiap kampus yang memiliki KSEI dan usaha rumahan seperti penjualan kue-kue khas dan kuliner Makassar.

Raker FoSSEI Regional Sulsel ini merupakan agenda lanjutan dari Musyawarah regional yang sebelumnya dilangsungkan pada 25-26 Desember 2010 di LT.8 Universitas Hasanudin dan menetapkan Ruslan, Mahasiswa STIA Al Azhar Makassar sebagai Koordinator Regional.

“Pada periode kepengurusan ini, FoSSEI Regional Sulsel berfokus pada pengembangan organisasi, jaringan, kewirausahaan dan keilmuan,” ujar Jusman Dalle, Humas FoSSEI Sulsel.

Pada 11-4 Maret mendatang, FoSSEI Regional Sulsel juga akan mengutus kader terbaik untuk mengikuti lomba karya tulis ekonomi Islam yang diadakan di forum Temu Ilmiah Nasional FoSSEI di Banjarmasin. [jus/hidayatullah.com]
Share

\