• Opini Kompas | IMF dan Malapraktik Diplomasi

    Jusman Dalle | Opini Harian Kompas Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun. Terkait komitmen Indonesia ini, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, IMF diharapkan tidak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga negara-negara di Asia dan Afrika.

  • Opini Republika | Urgensi Badan Haji

    Jusman Dalle - Opini Republika | Untuk mencapai tujuan pertama yaitu manfaat transformasi manajemen, Badan Haji yang nantinya bakal berfungsi sebagai eksekutor saja, merampingkan organisasi serta secara otomatis memotong rantai birokrasi bertingkat dan kompleks yang melibatkan banyak institusi. Badan Haji juga mengakhiri rezim monopoli kewenangan sebab Kemenag tinggal memegang satu fungsi, yaitu sebagai regulator sementara Komisi VIII DPR yang membawahi persoalan haji, berfungsi sebagai evaluator.

  • Profil Jusman Dalle

    Jusman juga menekuni digital marketing. Merancang dan membuat konten digital berupa tulisan (copywriter), visual dan audio visual untuk sejumlah perusahaan dan institusi skala nasional. Antara lain Partai Gerindra, Kedutaan Besar Jerman, Taksi Ekspress, Bank BTN, PLN, XL Axiata, Agung Podomoro Land, True Money, dll.

  • Plagiat Marwan Ja'far

    Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jusman Dalle berang setelah tulisannya diplagiat oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. Berikut dugaan plagiat yang dilakukan Marwan sesuai dengan tulisan Jusman Dalle dalam opini yang diunggah okezone pada 25 Oktober 2011 lalu: http://news.okezone.com/read/2012/01/14/339/557120/inilah-dugaan-plagiat-yang-dilakukan-marwan

  • Rawan Pangan Negeri Pertanian

    Jusman Dalle - Opini Koran Tempo | Program revitalisasi sektor pertanian yang pernah dijanjikan sejak 2005 masih sebatas lip service. Infrastruktur irigasi rusak parah, jalanan di desa-desa basis pertanian pun belum memadai. Rencana pemerintah untuk membagikan tanah seluas 9,25 juta hektare juga baru sebatas “angin surga”.

2.11.10

Penutupan SLT PD-KAMMI Makassar

Ahad (30/10/2010), bertempat di Masjid Pusat Pesantren Daarul Istiqomah Maccopa’ Kabupaten Maros, penutupan Super Leadership Training (SLT) yang di adakan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Makassar berlangsung lancar, hikmat dan penuh semangat. 200 peserta secara resmi dilantik oleh Ketua KAMMI Daerah Makassar sebagai anggota KAMMI. Para peserta tersebut datang dari berbagai kampus di Makassar, diantaranya Unhas, UMI, Poltek, Unismuh, Poltekkes, Stikes nani hasanudin, UIN Alaudin serta UNM. Dalam amanat penutupannya, Ketua KAMMI Daerah Makassar kembali menegaskan tafsir Muslim Negarawan untuk dipahami dan di internalisasi oleh seluruh kader KAMMI. Setelah penutupan dilakukan secara resmi, selanjutnya para anggota KAMMI yang baru tersebut bersalam-salaman dengan pengurus KAMMI Daerah Makassar dan panitia pelaksana. Suasana haru dan penuh semangat memenuhi atmosfer pesantren Daarul Istiqomah.
Usai bersalam-salaman, selanjutnya diadakan foto bersama. Semoga SLT KAMMI Daerah Makassar ini menjadi gerbang bagi munculnya aktivis-aktivis mahasiswa dan menjadi lokomotif yang membawa perubahan besar bagi umat dan bangsa. Selamat datang kepada para calon Muslim Negarawan, semoga SLT yang dilaksanakan di Daarul Istiqomah ini melahirkan kader-kader militant dan istiqomah. MENJADI AKTIVIS BUKANLAH SUATU YANG KITA CITA-CITAKAN SEJAK KECIL SEBAGAI MANA KITA BERCITA-CITA MENJADI SARJANA. AKAN TETAPI MENJADI AKTIVIS ADALAH PANGGILAN MORAL DAN TANGGUNG JAWAB KITA sebagai kelas menengah di dalam struktur social yang bisa menjadi bridge kaum elit masyarakat bawa. Begitu gelar mahasiswa itu menyemat di pundak kiri kita, maka saat itu pula di pundak kanan kita tanggung jawab moral sebagai aktivis menjadi keb=niscayaan. Sekali lagi, selamat datang, Allahu Akbar!!!(JD/Hms)

Share

\